Tugas 1 Pengantar Bisnis Informatika

TUGAS 1 SOFTSKILL – PENGANTAR BISNIS INFORMATIKA

Dosen : Siti Saidah

Disusun Oleh :

Nama : Anggy Agustian Praharsiwi

NPM   : 50415806

 Kelas : 4IA12

Fakultas Teknologi Industri / Teknik Informatika

Universitas Gunadarma

2018

 

 

  1. Buatlah tulisan yang membahas tentang definisi umum : Bisnis, TIK (Teknologi Informasi dan Komunikasi) dan Bisnis Informatika, cantumkan sumber pustakanya.

Pengertian bisnis

Pengertian Bisnis adalah suatu kegiatan yang dilakukan oleh perorangan maupun organisasi yang melibatkan aktivitas produksi, penjualan,  pembelian, maupun pertukaran barang/ jasa, dengan tujuan untuk mendapatkan keuntungan atau laba.

Kata “bisnis” berasal dari bahasa Inggris, yaitu “business” yang artinya kesibukan. Dalam konteks sederhana, yang dimaksud dengan kesibukan adalah melakukan suatu aktivitas atau pekerjaan yang memberikan keuntungan pada seseorang.

Pengertian Bisnis Menurut Para Ahli

  1. Hughes dan Kapoor

Menurut Hughes dan Kapoor, definisi bisnis adalah suatu kegiatan individu yang terorganisasi untuk menghasilkan dan menjual barang dan jasa guna mendapatkan keuntungan dalam memenuhi kebutuhan masyarakat.

  1. Brown dan Pretello

Menurut Brown dan Pretello, pengertian bisnis adalah lembaga yang menghasilkan barang dan jasa yang dibutuhkan oleh masyarakat serta semua hal yang mencakup berbagai usaha yang dilakukan pemerintah maupun swasta tidak peduli mengejar laba ataupun tidak.

  1. Jeff Madura

Menurut Jeff Madura, pengertian bisnis adalah perusahaan yang menyediakan produk atau layanan yang diinginkan oleh pelanggan.

  1. L. R. Dicksee

Menurut L. R. Dicksee, definisi bisnis adalah suatu bentuk aktivitas yang utamanya bertujuan untuk memperoleh keuntungan bagi yang yang mengusahakan atau yang berkepentingan dalam terjadinya aktivitas tersebut.

( sumber : https://www.maxmanroe.com/vid/bisnis/pengertian-bisnis.html )

Pengertian TIK (Teknologi Informasi dan Komunikasi)

Teknologi informasi dan komunikasi (TIK) memuat semua teknologi yang berhubungan dengan penanganan informasi. Penanganan ini meliputi pengambilan, pengumpulan, pengolahan, penyimpanan, penyebaran, dan penyajian informasi. Jadi, TIK adalah teknologi yang berhubungan dengan pengambilan, pengumpulan, pengolahan, penyimpanan, penyebaran, dan penyajian informasi.

Ditinjau dari susunan katanya, teknologi informasi dan komunikasi tersusun dari 3 (tiga) kata yang masing-masing memiliki arti sendiri. Kata pertama, teknologi, berarti pengembangan dan aplikasi dari alat, mesin, material dan proses yang menolong manusia menyelesaikan masalahnya. Istilah teknologi sering menggambarkan penemuan alat-alat baru yang menggunakan prinsip dan proses penemuan saintifik.

Kata kedua dan ketiga, yakni informasi dan komunikasi, erat kaitannya dengan data. Informasi berarti hasil pemrosesan, manipulasi dan pengorganisasian sekelompok data yang memberi nilai pengetahuan (knowledge) bagi penggunanya. Komunikasi adalah suatu proses penyampaian informasi (pesan, ide, gagasan) dari satu pihak kepada pihak lain agar terjadi hubungan saling mempengaruhi di antara keduanya.

Jadi dapat di sumpulkan bahwa teknologi informasi dan komunikasi adalah hasil rekayasa manusia terhadap proses penyampaian informasi dan proses penyampaian pesan (ide, gagasan) dari satu pihak kepada pihak lain sehingga lebih cepat, lebih luas sebarannya, dan lebih lama penyimpanannya.

( sumber : http://www.zonasiswa.com/2014/10/pengertian-teknologi-informasi-dan.html )

Bisnis Informatika

Bisnis Informatika memiliki pengertian suatu kegiatan yang dilakukan individu atau sekelompok orang yang memiliki nilai (value) dengan tujuan mendapatkan keuntungan (profit) yang dilakukan dengan bantuan teknologi informasi. Bisnis informatika berkembang dengan pesat akhir – akhir ini seiring dengan berkembang pesatnya pula teknologi informasi karena bisnis informatika muncul karena adanya peluang yang terdapat di dalam suatu teknologi informasi.

Itulah pengertian dari bisnis infromatika setelah kita mengetahui apa itu bisnis infromatika hal yang perlu kita garis bawahi dari pengertian di atas adalah bahwa suatu kegiataan yang memiliki nilai dengan tujuan mendapatkan keuntungan dan dilakukan dengan bantuan teknologi informatika memiliki kaitan dengan bisnis informatika, apapun bidangnya selama kita melakukan dengan bantuan teknologi itu termasuk ke dalam bisnis infromatika.

Contohnya: segala kegiataan transaksi jual beli online saat ini. transaksi seperti ini sangat memudahkan para penjual ataupun pembeli tanpa ada batasan jarak dan waktu cukup dengan modal computer,tablet ataupun smartphone penjual dan pembeli dapat melakukan proses transaksi dimanapun dan kapanpun.

Transaksi seperti ini sangat erat kaitannya dengan bisnis informatika. Dalam hakikatnya peranan teknologi informatika banyak mencakup beberapa bidang salah satunya pada bidang bisnis. Pada bidang ini biasanya peranan teknologi informasi akan sangat penting untuk kegiatan transaksi baik rutin, periodik, maupun insidental dan menyediakan banyak informasi dengan cepat dan tepat.

( sumber : http://akwila92.blogspot.com/2015/10/pengertian-bisnis-informatika.html )

  1. Pilihlah salah satu jenis Bisnis Informatika (e-commerce/software house/consultant). Perhatikan bagaimana teknik penjualan perangkat TIK pemasangan dan pemeliharaan jaringan komputer dan perangkat TIK lainnya yang ada di lingkungan perusahaan tersebut, beri komentar secara pribadi tentang kelebihan dan kekurangan yang ada, cantumkan sumber pustakanya.

Tokopedia.com merupakan salah satu pusat perbelanjaan daring di Indonesia yang mengusung model bisnis marketplace. Tokopedia memungkinkan setiap individu, toko kecil, dan brand untuk membuka dan mengelola toko daring. Sejak diluncurkan hingga akhir 2015, layanan dasar Tokopedia dapat digunakan oleh semua orang secara gratis. Dengan visi “Membangun Indonesia yang Lebih Baik Lewat Internet”, Tokopedia memiliki program untuk mendukung para pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) dan perorangan untuk mengembangkan usaha mereka dengan memasarkan produk secara daring.

Jenis Produk

Tokopedia.com menawarkan jutaan produk yang terbagi dalam 21 kategori besar, meliputi:

  • Pakaian
  • Fashion & Aksesoris
  • Kecantikan
  • Kesehatan
  • Rumah Tangga
  • Dapur
  • Perawatan Bayi
  • Handphone & Tablet
  • Laptop & Aksesoris
  • Komputer & Aksesoris
  • Elektronik
  • Kamera, Foto & Video
  • Otomotif
  • Olahraga
  • Office & Stationery
  • Souvenir, Kado & Hadizippoah
  • Mainan & Hobi
  • Makanan & Minuman
  • Buku
  • Software
  • Film, Musik & Game

Sistem Pembayaran

Sistem pembayaran instan Tokopedia yaitu tidak perlu melakukan konfirmasi pembayaran karena pembayaran sudah otomatis terverifikasi. Sistem pembayaran instan terdiri dari :

  • mandiri clickpay
  • mandiri e-cash
  • BCA KlikPay
  • KlikBCA
  • e-Pay BRI
  • BRI Virtual Account (BRIVA)
  • BNI Virtual Account
  • Indomaret
  • Alfamart
  • Pos Indonesia
  • Kartu Kredit
  • Cicilan
  • Saldo Tokopedia
  • Tokocash
  • Kredivo

Sedangkan sistem pembayaran manual Tokopedia adalah pembeli harus melakukan konfirmasi pembayaran (per tanggal 18 Nopember 2016, pembeli tidak perlu lagi melakukan konfirmasi pembayaran, asalkan nominal yang ditransfer sudah sesuai dengan nominal yang diberikan untuk dibayar, biasanya mengandung angka unik dibelakang nominal harga dan ongkos kirim) terdiri dari:

  • Transfer ATM
  • Setoran tunai
  • Internet banking
  • Mobile banking

( sumber : https://id.wikipedia.org/wiki/Tokopedia )

Teknik pemasaran

Tokopedia, dengan kampanye “Ciptakan Peluangmu” sepertinya justru bertolak belakang dengan para kompetitor mereka yang memastikan tiap sen uang yang dihabiskan untuk beriklan, dihabiskan dengan bijaksana dengan Return on Investment yang baik. Tokopedia sepertinya hanya ingin mengingatkan masyarakat bahwa peluang tidak bisa ditunggu, tapi harus dikejar. Harus diciptakan. Dalam hal ini, konteks yang dimaksud adalah peluang untuk berjualan online, dengan sedikit dorongan, masyarakat bisa menjadi penjual online yang produknya menjangkau seluruh pelosok Indonesia.

(sumber : https://dailysocial.id/post/menilik-strategi-pengiklanan-tokopedia )

Kelebihan dan Kekurangan Tokopedia

Kelebihan Tokopedia dari segi penjual :

  1. Penampilan website adalah yang paling utama, dengan dominasi warna hijau yang terkesan segar dan simpel.
  2. Loading website cukup ringan, terutama di bagian halaman toko dan produk yang sangat minimalis tapi informatif.
  3. Bagian penambahan daftar produk juga sangat jelas, pilihan kategori lebih bervariasi dan fitur harga grosir.
  4. Fitur Preorder, untuk produk yang butuh pemrosesan lebih lama, misalnya barang impor.
  5. Pilihan pengiriman beserta biaya tambahan yang dikenakan.
  6. Transfer saldo ke rekening sangat cepat, rata-rata 2 – 3 jam, maksimal 4 jam ke empat bank besar.
  7. Waktu proses pesanan bisa mencapai 5 – 7 hari semenjak invoice masuk, jadi bisa lebih leluasa.
  8. Walaupun banyak bug, tapi keamanan akun cukup bagus, penggunaan kode OTP sangat diapreasiasi.

Kekurangan Tokopedia dari segi penjual :

  1. Baik itu website maupun aplikasinya sering Error, mulai dari notifikasi nyangkut, notifikasi telat hingga lemot.
  2. Setelah maintenance walaupun hanya beberapa jam, tapi problem nya menyusul hingga 1 – 2 hari, mulai dari foto yang hilang, lemot dan ketidaksesuaian data toko.
  3. Tidak tersedia pilihan untuk mem-blacklist pembeli.
  4. Terkadang bisa direpotkan oleh pembeli yang merupakan dropshipper.
  5. Perang harga terlalu kejam, banting harga hingga hancur-hancuran dan sekaligus memberi peluang kecil untuk laku dengan harga lebih mahal, walaupun cuma selisih beberapa ribu Rupiah saja.
  6. Mau jadi Gold Merchant?, boleh saja… kami rekomendasikan,,, tapi sebenernya hanya terkesan lebih eksklusif dan punya tampilan sedikit lebih baik saja, selebihnya peluang barang untuk lebih laku tidak berubah.
  7. Poin ini untuk pembeli, Setinggi apapun reputasi dan statistik transaksi yang dimiliki, bakal selalu ada pertanyaan “Ready gak barangnya?”
  8. Fitur pengelolaan stok barang yang kurang canggih, ketika ada pembeli yang menunggu pembayaran maka stok tidak otomatis berkurang (Ada kemungkinan sistem ini Error karena belum Siap)

Kelebihan Tokopedia untuk pembeli :

  1. Loading website cepat ketika memang dalam kondisi normal.
  2. Tampilan antarmuka baik itu website dan aplikasi begitu simpel, sederhana dan jelas.
  3. Sering promo gratis ongkir, biasanya selama sebulan.
  4. Bisa juga beli Tiket kereta, pulsa, paket data dan token listrik.
  5. Bisa top up saldo tokopedia untuk metode pembayaran lebih cepat dan instan.
  6. Pilihan metode pembayaran instan sangat lengkap, kedepannya semoga bisa bayar menggunakan Doku.
  7. Dengan adanya fitur preorder, kesempatan pembeli bisa mendapatkan barang yang memang lama diprosesnya menjadi lebih tinggi.
  8. Perang harga di Tokopedia secara gak langsung membuat harga produk semakin murah.
  9. Fitur retur gratis ketika barang tidak sesuai, memang berguna terutama untuk produk yang rawan, misalnya fashion, sepatu, helm dll
  10. Katalog di Tokopedia, sangat membantu terutama untuk produk gadget, walaupun sangat tidak lengkap, Kedepannya semoga lebih lengkap dan jelas.

Kekurangan Tokopedia untuk pembeli :

  1. Terlalu banyak produk SPAM, produk yang harganya hanya 100 Rupiah, bukan bonus dan bukan harga asli, tapi hanya berisi info atau basa-basi saja, sehingga sangat menyusahkan pembeli ketika mencari barang dengan urutan termurah.
  2. Dalam pencarian produk, penjual yang tidak aktif pun diikutsertakan.
  3. Verifikasi pembayaran untuk transfer manual termasuk lama, apalagi saat maintenance.
  4. Petunjuk cara pembelian yang terlalu simpel, cenderung kurang jelas, terutama bagi pembeli pemula.
  5. Customer Service yang susah ditelpon ketika ada masalah, sibuk dan lambat dalam membalas, bahkan di facebook malah terkesan ribet.
  6. Untuk toko yang reputasi dan statistik transaksi dibawah 90%, pembeli tidak bisa begitu saja percaya bahwa barang yang dijual berstatus ready stok.
  7. Tidak tersedia pengaturan alamat default untuk pembeli.
  8. Ukuran gambar produk, baik itu di aplikasi maupun di website termasuk kecil ketika di klik.

( sumber : http://netjurnal.com/2016/08/kelebihan-dan-kekurangan-tokopedia-untuk-jualan-dan-belanja.html )

  1. Jelaskan Perkembangan Bisnis Informatika di Indonesia, cantumkan sumber pustakanya.

Perkembangan teknologi informasi dan komputer menyebabkan perubahan.kultur kita sehari-hari yang disebut dengan “information age”. Media elektronik menjadi salah satu media andalan untuk melakukan komunikasi dan bisnis. Meskipun penggunaan media elektronik ini belum dimengerti, akan tetapi desakan bisnis menyebabkan para pelaku bisnis mau tidak mau harus menggunakan media elektronik ini.

Seperti yang kita tahu permasalahan di dunia ini adalah “ruang dan waktu” oleh karena itu penerapan teknologi informatika sangat dibutuhkan, maka dibutuhkan sebuah penerapan teknologi ini untuk memecahkan masalah. Karena banyaknya permintaan dalam teknologi informasi dan komputer di Indonesia dalam segala bidang maka munculah perusahaan-perusahaan yang bergelut dalam bisnis informatika ini. Seperti contohnya adalah penyedia layanan internet, software house, hosting, dll.

Perkembangan bisnis informatika di Indonesia belakangan ini terjadi peningkatan yang sangat pesat mengingat kebutuhan akan dalam bidang ini sangatlah besar dari tahun ke tahun. Ini menjadikan bisnis informatika menjadi salah satu bisnis yang mempunyai potensi yang cerah untuk kedepannya. Hal ini juga harus didukung oleh sumber daya yang berkualitas, melihat kualitas teknologi informasi dan komputer yang dituntut semakin baik setiap saatnya.

(sumber:http://mangoenpratomo.blogspot.com/2010/10/perkembangan-bisnis-informatika-di.html )

 

Artikel Mengenai Penulisan Ilmiah

Judul            : Aplikasi Konversi Satuan Tekanan Menggunakan Java Berbasis Android

Pembimbing  : Onggo Wiryawan, MSi

Saya sudah menyelesaikan tugas Penulisan Ilmiah, sekaligus sidangnya. Dalam pengerjaan, saya tidak terlalu mengalami kesulitan karena saya banyak bertukar pikiran dengan teman-teman. Saya banyak bertanya kepada mereka disaat saya kurang mengerti. Dan merekapun banyak memberikan bantuan dan saran kepada saya saat pengerjaan aplikasi maupun penulisan ilmiah.

Penulisan yang saya buat adalah mengenai Aplikasi Konversi Satuan Tekanan yang dibuat dengan menggunakan bahasa Java, memalui software Android Studio.

Berikut adalah ringkasan dari penulisan yag saya buat :

1.Latar Belakang

Berdasarkan Standar Isi Mata Pelajaran Fisika tersebut, pembelajaran fisika seharusnya tidak hanya ditekankan pada kemampuan matematis saja akan tetapi hendaknya diorientasikan pada pemahaman terhadap gejala fisis, sehingga akan lebih baik jika pembelajaran tersebut didasarkan pada pengalaman belajar. Oleh karena itu, pembelajaran akan lebih bermakna jika berdasarkan pada pengalaman belajar siswa secara langsung, sehingga pemahaman konsep siswa akan semakin meningkat.

Di dalam mata pelajaran Fisika, dikenal istilah Tekanan dan Satuan. Tekanan adalah gaya yang bekerja pada suatu bidang per satuan luas bidang tersebut. Sedangkan satuan adalah sesuatu yang menyatakan jumlah besaran.Tekanan memiliki beberapa satuan yang umum digunakan. Dari beberapa satuan tekanan tersebut, dapat dikonversikan atau dapat diubah menjadi satuan yang lain. Untuk dapat mengkonvesikan satuan tekanan, dibutuhkan beberapa rumus yang digunakan.

Namun, di era zaman sekarang siswa sangat sulit menghitung secara manual. Oleh karena itu, pada penulisan ini dibuat aplikasi Konversi Satuan Tekanan Menggunakan Java Berbasis Android. Aplikasi ini dirancang untuk memudahkan para siswa untuk memahami bagaimana proses konversi satuan tekanan.

2. Tujuan

Tujuan penelitian adalah merancang dan membangun Aplikasi Konversi Tekanan berbasis Android. Aplikasi ini dapat memudahkan untuk menghitung konversi satuan tekanan.

3.Metode Penelitian

Studi Pustaka, yaitu melakukan literasi yang terkait dengan pembuatan perangkat Aplikasi Konversi Satuan Tekanan menggunakan Java berbasis Android seperti: Tekanan dan Satuan. Literature tersebut diperoleh dari buku, jurnal, serta pencarian informasi dari internet atau website yang menunjang dan berhubungan dengan penulisan ini.

Perancangan Aplikasi

  • Pembuatan Tampilan yaitu membuat sebuah rancangan tampilan berbasis GUI (Graphical User Interface), yaitu tampilan yang akan mempermudah pengguna dalam menggunakan aplikasi.
  • Pembuatan Program yaitu membuat struktur program agar aplikasi dapat berjalan seperti yang di inginkan
  • Uji Coba yaitu melakukan tahapan uji coba apakah aplikasi yang dibuat sudah berjalan dengan benar atau masih belum sempurna.

4. Spesifikasi Perangkat

Untuk pembuatan aplikasi menggunakan spesifikasi perangkat keras (hardware) sebagai berikut :

  1. Laptop Merk Toshiba.
  2. Processor Intel(R) Core(TM) i3-2328M CPU @ 2.20GHz.
  3. RAM 4 GB.
  4. Keyboard standart dari laptop.
  5. Mouse USB.

Untuk pembuatan aplikasi menggunakan spesifikasi perangkat lunak (software) sebagai berikut :

  1. Windows 10.0 Profesional 64-bit.

Pada pembuatan aplikasi ini menggunakan Windows 10.0 Profesioal 64-bit.

  1. Android Studio 3.0

Pada pembuatan aplikasi ini menggunakan Android Studio 3.0

5. Kelebihan Aplikasi :

  • mudah digunakan dan dimerngerti
  • dilengkapi dengan contoh soal dan pembahasan

6. Persiapan Promosi

Pertama saya akan mendiskusikan terlebih dahulu tujuan dari promosi aplikasi ini dengan team yang terlibat dalam pengerjaan Aplikasi Konversi Satuan ini. Setelah menentukan tujuan, langkah kedua menentukan target promosi yang cocok dan yang membutuhkan aplikasi ini. target promosi pertama lebih ditunjukkan kepada pelajar SMP sampai kuliah, karena aplikasi ini sangat bermanfaat agar bisa membantu mereka memahami mengenai konversi satuan pada mata pelajaran fisika. Target promosi yang lain ditunjukkan kepada pekerja. Misalnya teknisi kelistrikan, aplikasi ini membantu mereka untuk menghitung konversi satuan tekanan dengan cepat.

Setelah menentukan target promosi, selanjutnya menentukan waktu promosi yang tepat. Untuk aplikasi ini tidak ada kriteria khusus untuk waktu promosi yang tepat, yang terpenting waktu promosi aplikasi ini dilangsungkan kapan saja jika aplikasi memang sudah siap untuk dipublikasikan, karena lebih cepat lebih baik.

Selanjutnya menentukan media promosinya, media promosi yang ingin saya lakukan yaitu secara online melalui social media lain seperti twitter, facebook dan instagram. Karena kekuatan social media yang berkembang pesat saat ini bisa dimanfaatkan untuk mendukung sponsor.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s