Artikel Pribadi Cara Menumbuhkan Semangat Belajar

Sebagai pelajar, belajar merupakan suatu kewajiban. Namun, terkadang pelajar merasa bosan dan enggan belajar. Lalu, bagaimana cara menumbuhkan semangat belajar? Menurut saya, belajar tidak boleh dengan paksaan. Keinginan belajar harus dari diri sendiri. Diri kita harus mempunyai motivasi yang kuat agar kita enggan melewatkan dan tetap harus belajar degan giat. Dengan adanya motivasi dan tujuan, maka belajar bukan lagi soal kewajiban, namun menjadi kebutuhan. Dengan belajar, ilmu pengetahuan akan semakin luas. Belajar bukan melulu soal membaca buku, atau belajar berhitung. Belajar bisa didapat darimana saja, kapan saja, dan dalam bidang apapun. Motivasi yang kuat membuat kita akan semangat belajar guna mencapai apa yang menjadi tujuan kita.

Selain motivasi yang kuat, mood dalam belajar harus bagus. Dalam keadaan mood yang bagus, biasanya apapun yang akan kita pelajari akan lebih cepat masuk ke otak dan lebih mudah untuk dipahami. Lalu, bagaimana kita menjaga mood kita agar selalu bagus? Yang terpenting adalah selalu berpikiran positif dan tidak terlalu stress dalam proses belajar. Mood yang bagus bisa juga didapat dengan cara melakukan sesuatu yang kita suka. Contohnya yaitu dengan mendengarkan musik yang kita suka. Untuk saya pribadi, saya akan lebih mudah memahami materi yang saya pelajari ketika saya mendengarkan musik. Dengan belajar sambil mendengarkan musik, semangat kita akan lebih terpacu karena kita akan masuk dalam beat musik tersebut. Selain itu, belajar sambil mendengarkan musik mengurangi rasa kantuk yang biasa kita dapat saat belajar.

Belajar secara terus menerus juga bisa membuat pelajar merasa bosan. Maka dari itu, belajarpun juga harus ada jedanya. Misalnya ketika kita sudah mulai merasa bosan, capek atau ngantuk dalam belajar, coba selingi waktu belajar kalian dengan hal-hal yang menyenangkan. Kalo saya pribadi, biasanya saya akan bermain game, membuka social media ataupun menonton video lucu di youtube. Dengan begitu, otak kita tidak akan tertekan karena belajar yang terlalu serius.

Lingkungan juga mempengaruhi dalam proses belajar. Misalnya, dengan kita bergaul dengan teman yang memiliki semangat belajar tinggi, kita juga akan ikut memiliki semangat yang tinggi. Sebaliknya jika kita bergaul dengan teman yang malas, maka kita akan ikut terjerumus dalam hal tersebut, menjadi malas belajar dan suka menunda-nunda belajar.

Dalam proses belajar, usahakan untuk tidak menghafal materi yang sedang dipelajari. Usahakan paham apa isi dari materi tersebut. Karena dengan kita paham, maka materi tersebut akan hafal di luar kepala dengan sendirinya. Dan jika kita merasa kurang paham terhadap materi tersebut, jangan takut untuk bertanya dan minta diajarkan oleh teman atau dosen kita. Dengan begitu, kita akan lebih paham akan materi yang kita pelajari. Demikian cara saya menumbuhkan semangat saya dalam belajar, dan saya akan terus berusaha untuk menumbuhkan semangat belajar saya.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s